Anak Kost Mau Hemat Uang Bulanan? Lakukan 5 Startegi Ini

Juni 05, 2021

Uang makan tentu jadi pengeluaran anak kos yang paling banyak dihabiskan tiap bulannya lantaran rutin dibelanjakan. Sangkin seringnya, samapai nggak terasa kalau uang makan tiba-tiba sudah habis saja. Kalau udah gini, mau gak mau ya harus puasa di akhir bulan untuk menghemat. 

Memang berhemat itu nggak mudah dilakukan, apalagi di awal bulan. Rasanya semua yang diinginkan mau dibeli lantaran baru dapat kiriman. Tapi semua itu bisa diantisipasi lho. Nah jadi agar uang bulananmu tetap aman dan nggak banyak berkurang, lakukan beberapa strategi menghemat uang makan berikut ini.

1. Masak sendiri

Kesannya sih emang masak itu terkesan ribet, tapi nyatanya masak dapat menghemat uang makan sehari-hari lho. Cukup sekali masak aja, nggak usah berkali-kali. Lagipula nggak perlu masak aneh-aneh juga. Toh, hanya dimakan sendiri bukan? Masak yang cukup banyak agar bisa kamu makan untuk tiga kali sekalian. Lebih hemat tenaga juga nih buat masaknya. Kalau bisa patungan dengan anak kos lainnya, lebih bagus lagi.

2. Bawa bekal

Kalau kamu pergi ngampus atau kerja, usahakan bawa bekal sendiri. Jadi masakan yang sudah kamu olah tadi paginya, bisa kamu bawa ke kampus atau kantormu untuk makan siang. Tahan dulu keinginan untuk jajan, tetap fokus saja untuk berhemat. Di sini kamu harus tahan godaan, ya! Dijamin deh bisa irit.

3. Taruh uang pas di dompet

Nggak bisa dimungkiri, terkadang kita masih tetap tergoda untuk jajan. Jajan sesekali nggak dilarang kok, tapi usahakan untuk menaruh uang pas di dompetmu untuk menghindarimu beli macam-macam yang sebetulnya cuma keinginan sesaat. Biar nggak boros nih.

4. Hindari tempat makan di mal

Kebanyakan warung makan yang ada di dalam mal memberlakukan pajak untuk setiap pembayaran. Makanya, usahakan untuk menghindari makan di dalam mal atau pusat perbelanjaan lainnya, ya. Baiknya makan di warung yang harganya lebih merakyat.

Eits, tapi ingat, jangan juga kamu sampai menyiksa diri dengan menahan supaya nggak jajan, boleh kok asal pakai aturan dan nggak perlu sering-sering dilakukan.

5. Bawa minum sendiri

Nah ini juga sering nih kita abaikan. Padahal daripada beli minim di luar, mending selalu bawa air minum sendiri. 

Bawa minum sendiri itu menghemat dua hingga empat ribu sehari dibandingkan kalau harus membeli air mineral kemasan atau memesan minuman lainnya di warung makan. Kelihatannya sih murah, tapi kalau belinya setiap hari, pasti bakal terasa juga pengeluarannya.

Itu dia beberapa strategi berhemat yang bisa kamu lakukan agar uang bulananmu nggak cepat habisnya. Selamat dan semangat mencoba.

You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram