Nggak Kebangun Sahur? 5 Tips Ini Wajib Kamu Coba Biar Kamu Tetap Kuat Puasa

April 19, 2021


Nggak terasa ya, kita udah masuk puasa ke 8 di Ramadhan ini. Gimana? Kalian udah ada yang tinggal puasanya? Hayoo ngaku.

Berbicara soal puasa, menjalankan puasa Ramadhan merupakan kewajiban setiap muslim, artinya semua rukun puasa harus dijalankan dengan baik. Kalau salah satu ada yang terlewat, maka puasanya jadi tidak sah. Selain rukun puasa, ada amalan lain yang bersifat sunah tetapi jika dikerjakan justru lebih baik dan mendapat berkah.

Salah satunya sahur yang dilakukan sebelum masuk waktu imsak atau subuh. Sahur ini tetap penting dilakukan lho, supaya puasa kita lancar dan nggak lemas saat harus tetap beraktivitas di siang harinya. Nah, selain itu Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan untuk menyantap hidangan di waktu sahur sebab ada berkah yang bisa didapat.

Tapi kalau dilihat dari realitanya, adakalanya kita gak ikutan sahur, alias gak kebangun. Kalau udah terlanjur seperti ini gimana dong? Nah, biar kita tetap kuat puasa meski gak sahur, berikut tipsnya;

1. Ingat niatnya, jangan jadikan gak sahur sebagai alasan gak puasa

Sering nih kadang kita beralasan gak sahur untuk tameng biar gak puasa. Padahal sebenarny ini gak cocok kali dilakukan. Apalagi ini puasa Ramadhan, yang setahun sekali kita jalani. Masa iya karena gak sahur kita gak puasa. Ingat lho belum tentu Ramadhan tahun depan kita bisa ikutan. Bisa jadi ini Ramadhan terakhir kita. So, ingat lagi deh niatnya apa. Kalau kita mempunyai niat yang kuat, maka puasa yang dijalankan pun akan lancar meskipun lupa sahur. 

2. Istirahat sejenak

Selanjutnya, kamu bisa ambil waktu istirahat dengan tidur siang lho. Dengan tidur siang tubuh bisa menghemat energi sehingga puasa tak terasa begitu berat. Selain itu, istirahat juga bisa membantu kita untuk menahan nafsu makan saat berpuasa. Namun, jangan sampai kebablasan hingga lupa untuk beribadah ya. 

3. Hindari aktivitas di bawah terik matahari

Kalau udah nggak kebangun sahur, coba deh sebisa mungkin hindari aktivitas di bawah terik matahari. Ini karena suhu tinggi pada tempat yang panas bisa membuat tubuh kita kehilangan cairan lebih cepat. Kondisi ini memicu dehidrasi apalagi kita dalam kondisi kekurangan cairan karena nggak sahur sebelumnya. Untuk itu sebisa mungkin hindari terpapar langsung oleh matahari ya. 

4. Kurangi aktivitas berat yang buat lelah

Salah satu faktor kelelahan dan dehidrasi adalah melakukan aktivitas yang berat. Kelelahan bisa terjadi karena terlalu banyak bekerja. Untuk itu cobalah beristirahat sejenak dan prioritaskan tugas yang paling penting supaya kita pun tak merasa tertekan.

5. Hilangkan rasa lemas

Cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lemas adalah dengan mengatur pernapasan. Kualitas oksigen yang masuk ke dalam dan kemampuan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) sangat penting untuk kesehatan sel. Kurangnya asupan oksigen membuat tubuh jadi lemas dan mudah lelah.

Semakin sedikit oksigen yang mencapai sel, otak dan hati mengakibatkan tubuh kesulitan menjalankan fungsinya secara optimal. Kondisi ini justru membuat kita tambah merasa lapar. Gunakan teknik pengaturan pernapasan, yakni melalui hidung, bernapas dalam-dalam menggunakan diafragma dan bernapas lebih lambat.

Nah itulah tips yang bisa kita coba saat kita nggak sahur. Tapi jangan sering nggak sahur ya. Selain bikin lemas, melewatkan sahur juga nggak baik lho untuk kesehatan. Mulai dari permasalahan lambung, malnutrisi, migrain hingga ganguan fungsi kognitif. Untuk itu, jangan diulangi lagi!

Semoga puasa kita diberikan kelancaran dan keberkahan. Aamiin.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Iyah yakan awak masi sering gak kebangun sahur. Maklum anak kos kadang tidur diatas jam 12 jadi gitu lah

    BalasHapus

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram