Tips Menghadapi Mereka yang Introvert dan Ekstrovert

Oktober 24, 2019



Semua orang tentu mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, baik itu mereka yang memiliki Introvert ataupun Ekstrovert. Keduanya memiliki cara yang berbeda dalam segala hal, entah itu komunikasi, cara bertindak, dan lainnya. Kepribadian inilah yang sering kita hadapi selaku makhluk sosial. Apalagi saat berkomunikasi, jangan sampai salah-salah paham. Bisa berabe nanti.

Nah, biar kalian nggak salah-salah berikut tips untuk menghadapi temanmu yang Introvert ataupun Ekstrovert.

Dia yang memiliki kepribadian Introvert:

TIMING

Timing yang dimaksud disini itu kamu harus pintar-pintar mengatur situasi dan emosi Introvert ini. Karena Introvert lebih bahagia ketika dia menghabiskan waktunya untuk sendiri, dan dia paling tidak suka dengan orang yang tiba-tiba nimbrung. Jangan sampai kamu merusak  kebahagiaannya.

PANCINGAN

Kita harus pintar-pintar nih untuk memancing si Introvert bercerita. Karena yang kita tau Introvert itu lebih suka diam dan mendam. Misalnya nih temanmu yang Introvert lagi ada masalah, baiknya kamu sapa dulu lalu setelahnya kamu bisa tanyai deh dia kenapa, ada masalah apa.

Biasanya nih Introvert itu enggak gampang cerita ke semua orang. Jadi dia hanya cerita ke orang yang menurutnya bisa dia percaya. Kalau udah sama yang dia percaya semua keluh kesahnya bakal dicurahkan. So, kamu harus pandai-pandai nih agar bisa dipercaya sama mereka yang Introvert.

JADILAH TEMAN YANG BAIK

Ketahuilah bahwa sosok Introvert ini tidak perlu punya banyak teman, tetapi yang dia mau biasanya satu dua orang teman, asal bisa menerima dirinya dan memegang kepercayaannya. Jadi jangan heran kalau sosok Introvert itu temannya sedikit dan itu-itu saja. Sebab itulah yang menurutnya teman yang baik.

Sedangkan dia yang memiliki kepribadian Ekstrovert akan bertolak belakang dengan dia yang Introvert. Sosok Ekstrovert ini selalu mencari pusat perhatian sih. Jadi jangan heran kalau dia yang Ekstrovert suka mengekspose diri. Nah, berikut tips untuk menghadapi dia yang Ekstrovert:

PUJIAN

Biasanya nih mereka yang Ekstrovert tidak jarang menunjukkan sesuatu atau menanyakan sesuatu, jadi saat momen seperti ini sebaiknya kamu kasih pujian deh. Tapi ya ala kadarnya aja dan nggak perlu berlebihan.

SARAN

Poin yang ini aku jabari berdasarkan pengalaman aku pribadi nih. Jadi saran yang aku maksud disini hampir sama sih kayak pujian. Misalnya dia galau atau bertanya-tanya, kamu bisa kasih saran yang baik dengan alasan yang baik. Kalau aku sih setelah kasih saran ke dia yang Ekstrovert selalu aku bilang, "Tapi itu semua kembali ke diri kamu, mau nya seperti apa. Yang penting dah kasih saran ya." Kurang lebih seperti itu.


Tapi gimana pun, siapapun dengan kepribadian yang mana yang kita hadapi,  intinya kita harus peka terhadap seseorang, baik itu temanmu yang ekstrovert ataupun introvert.

Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

2 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram