Hindari Konsumsi Minuman Soda Berlebihan, Ternyata Ada Bahaya yang Mengintai Kesehatan

Oktober 25, 2019




Minuman bersoda atau air berkarbonasi banyak disukai oleh kita karena memiliki sensasi menyegarkan. Namun, di balik kesegarannya ternyata ada bahayanya juga lho jika dikonsumsi secara berlebihan.

Minuman bersoda bisa mengganggu kesehatan tubuh dikarenakan adanya kandungan yang tidak menyehatkan. Bahaya minuman bersoda ini berasal dari bahan-bahan yang digunakan seperti pemanis, pewarna, dan pengawet.

Seperti yang kita tahu, banyak penelitian yang mengaitkan pengaruh konsumsi minuman bersoda dengan masalah kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan pada minuman bersoda bisa meningkatkan masalah bagi kesehatan.

Nah, ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul ketika kita mengonsumsi minuman bersoda berlebihan. Berikut penyakit yang bisa menyerang kesehatan ketika mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering.

1. Berat Badan Berlebih

Jumlah gula yang sangat banyak pada minuman bersoda bisa mengakibatkan pengonsumsinya tidak merasakan kenyang. Hal ini mengakibatkan pengonsumsinya mengalami kenaikan berat badan berlebih atau obesitas.

Sebuh penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi minuman bersoda akan meningkatkan lebih banyak kalori, yakni 17%. Maka tak heran, seseorang yang mengonsumsi minuman bersoda secara berkala akan mengalami penambahan berat badan lebih banyak daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

2. Rusaknya Organ Hati

Terdapat kandungan pemanis kimia pada minuman bersoda, yaitu glukosa dan fruktosa. Pada glukosa dapat dimetabolisme oleh setiap sel dalam tubuh. Sedangkan fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh satu organ saja, yaitu hati.

Fruktosa merupakan kandungan pemanis utama yang terdapat dalam minuman bersoda. Sehingga apabila kita terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda, maka akan mengubahnya menjadi lemak. Lemak yang tidak keluar sebagai trigliserida darah ini akan tetap mengendap di hati. Seiring berjalannya waktu, inilah yang dapat menjadi penyakit hati.

3. Melemahnya Sistem Imunitas

Bahaya minuman bersoda lainnnya adalah bisa menghalangi kemampuan tubuh melawan bakteri. Ini dikarenakan adanya kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman bersoda.

Minuman bersoda yang mengandung 12 sendok teh gula mampu melemahkan kemampuan sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat. Jadi, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dan ditambah dengan makanan gula lainnya akan berpotensi membuat sel-sel darah putih tidak bekerja efektif lho.

4. Gigi Rusak

Kandungan gula yang tinggi pada minuman, seperti glukosa dan fruktosa ternyata bisa meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang lho. Selain kandungan tersebut, sebagian minuman bersoda juga mengandung asam fosfat dan asam karbonat yang dapat menyebabkan kerusakan enamel pada gigi.

Kombinasi kedua bahan inilah yang semakin meningkatnya risiko gigi menjadi rusak.

5. Risiko Terkena Kanker

Kanker akan muncul pada seseorang seiring dengan adanya penyakit kronis lainnya seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Inilah yang menyebabkan kenapa mengonsumsi minuman bersoda tidak dianjurkan untuk berlebihan.

Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari 60.000 orang dewasa. Pada penelitiannya menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua atau lebih minuman bersoda setiap minggunya lebih mungkin mengalami kanker pankreas.

Selain itu, wanita yang terbiasa mengonsumsi minuman bersoda pasca-menopouse juga akan berisiko terkena kanker pada lapisan dalam rahim nih. Serem deh.


Oleh karena itu, penting untuk kita membatasi jumlah konsumsi minuman bersoda secara berlebihan. Tapi jika tetap ingin mengonsumsinya, cobalah sedikit saja. Pastinya kita tetap perlu berhati-hati, karena minuman bersoda bisa menyebabkan asam lambung naik.

You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram