Nggak Cuma Miliki Nilai Positif, Ternyata Membaca Itu Penting!

Juli 28, 2020




Gak disangka ternyata pandemi Covid-19 telah melanda dunia sekitar setengah tahun. Banyak kegiatan yang kerap kali dilakukan di luar akhirnya diundur bahkan dibatalkan. Banyak pula yang kini mulai mengisi kegiatan di rumahnya dengan berbagai macam hal, salah satunya membaca. Perlu kita ketahui bahwa ternyata membaca itu merupakan kegiatan yang positif dan juga sangat penting lho. Kenapa membaca itu penting ya? Apa sih yang membuat kegiatan membaca itu menjadi sangat penting bagi kita?

1. Menambah wawasan baru

Tentulah dengan membaca kita dapat menambah wawasan kita secara luas. Apa lagi dimasa pandemi seperti saat ini, seluruh masyarakat dihimbau agar tetap dirumah saja sehingga otomatis kita akan memiliki waktu luang yang terbilang banyak. Nah, moment ini cocok banget nih kita gunakan untuk membaca buku atau artikel mengenai hal yang baru.


2. Membentuk pola pikir

Tahu nggak sih, kebanyakan sebuah pola pikir terbentuk oleh bagaimana diri kita maupun lingkungan kita bertindak. Namun sebuah pola pikir yang baik juga bisa dibentuk oleh diri kita sendiri lho. Salah satu caranya dengan membiasakan diri kita untuk membaca buku yang membahas tentang sebuah pola pikir dan sebagainya.

3. Membentuk kepribadian yang positif

Banyak hal positif yang kita dapatkan apabila kita terbiasa untuk banyak membaca, slah satunya adalah berbicara berdasarkan fakta dan pengetahuan. Jadi ketika kita banyak berbicara tetap sesuai fakta yang ada, karena dengan banyak membaca otomatis pengetahuan kita akan bertambah lho. Dengan begitu ketika kita berbicara pun tetap berlandaskan fakta yang benar adanya.

4. Memperdalam potensi dalam diri

Semisal kita punya suatu hal yang memang sudah kita sukai dan kita jalani sejak lama, baik itu kelebihan, hobi ataupun perilaku,  maka lebih baik kita perdalam hal tersbut agar menjadi lebih maksimal. Hal ini juga penting untuk mengenal diri kita sendiri secara lebih dalam. Nah, salah satu media untuk kita perdalam potensi diri  juga bisa berasal dari buku.

5. Media relaksasi

Nah ini dia nih yang penting. Kota harus sama sama sepakat dan sepaket nih bahwa membaca buku tidak harus selamanya tentang pengetahuan yang rumit dan sebagainya. Bahan bacaan bisa juga menjadi media relaksasi untuk kita dikala penat akan kesibukan dan tekanan yang ada, salah satu contohnya adalah ketika kita membaca komik,  majalah, dan juga novel.

Itulah beberapa alasan kenapa membaca itu bisa menjadi sesutu yang sangat bermanfaat bagi diri kita. Apalagi dikondisi yang seperti ini, alangkah lebih baik jika kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk memperbanyak bahan bacaan. Semangat dan sehat selalu ya untuk kita!


You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram