[Sosok] Ahmad Prayoga: Keterbatas Itu Bukan Hambatan Segala Hal

Juli 18, 2017


Ahmad Prayoga

Menjadi sosok mandiri adalah keinginan setiap orang,  begitu juga dengan pria pemilik nama Ahmad Prayoga. Sejak kecil sosok mandiri telah tampak dalam dirinya. Sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, kemandiriannya itu telah terlihat. Dia mulai berjualan untuk tambahan uang jajan. Begitupun saat dia berada dibangku Sekolah Menengah. Dimana dia rela kerja paruh waktu agar meringankan ekonomi keluarga. Begitu tulus niatnya. Hingga akhirnya pekerjaan yang dia jadikan tambang emas itu menjadi penyebab dua tangan dan kakinya tak berfungsi sebagaimana mestinya.

"Awalnya kerja yang ditawari dari kawan,  waktu itu masih kelas 2 SMK. Kerjanya ngelas di salah satu rumah pengurus sekolah," ungkapya dengan mata berkaca-kaca.

Dia mulai mengelas bagian atas rumah. Saat pekerjaan hampir selesai namun bahannya kurang. Dengan terpaksa, mau  tidak mau dia harus membeli bahaan tersebut. Usai membeli bahan yang berupa besi itu dia kembali naik ke atas untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tapi sayangnya takdir berkata lain. Kabel tanpa pelindung (read: kabel telanjang) terbentang di sebelahnya, dia tidak mengtahui bahwa kabel tersebut menyentuh besi yang sengaja dia posisi tidurkan untuk lanjut mengelas justru membuat dia terhempas ke bawah.

Yoga Saat Melukis Dengan Mulutnya

Kejadian itu mengakibatkan luka bakar pada bagian tangan dan kaki Yoga. Dimana luka bakar itu membuat saraf-saraf pada bagian tangan dan kakinya mati, sehingga dia harus diamputasi. Sejak saat itu dia tidak lagi kembali ke sekolah. Dia memulai hidup baru dengan menyadari bahwa keadaan fisiknya tidak seperti dulu lagi. Hal itu tidaklah mudah baginya. Namun pemuda berusia 19 tahun yang merupakan anak kedua dari orang  tuanya ini dikenal memiliki  semangat yang luar biasa. Lengkungan garis yang tergores dipipinya membuat dia selalu terlihat ceria di mata orang yang ada di sekitarnya.

Meski dengan kondisi begitu semangat hidup Yoga tak pernah berkurang. Dia menyadari bahwa hidup ini harus berjalan. Bagaimana pun keadaan kita harus berbuat yang terbaik. "Hidup ini gimana pun keadaan kita, kita harus berbuat yaang terbaik.  Berguna untuk kita dan orang lain. Terlebih lagi kita yang sempurna,  jangan malah merugikan orang lain," ujarnya.

Hasil Lukisan Yoga

Kini dia menekuni hal yang tidak dia sukai dari kecil, yaitu  seni lukis. Memainkan kuas diatas kertas dengan mulut itu dia asah selama enam bulan. Meski terbilang baru dan belajar otodidak, Yoga cukup sering menerima tawaran lukisan dari orang. Baginya melukis bukan sekedar melukis. Dia ingin memberitahu pada dunia bahwa keterbatas itu bukan penghambat baginya. "Karena keadaan awak seperti ini ngelukis itu bukan sekedar ngelukis. Lukisan itu awak jadikan sebagai media untuk orang melihat bahwa keterbatas itu bukan hambatan segala hal. Lewat keterbatas itu kita bisa belajar. Jadi lewat lukisan ini awak nyebarkan semangat ke orang-orang," katanya dengan mantap.

Sangat luar biasa dan menginspirasi melihat semangat dan kegigihan Yoga itu. Dimana biasanya orang-orang di luar sana yang masih memiliki organ tubuh yang sempurna dan lengkap,  terkadang dikalahkan dengan rasa malas yang datang. Dimana orang di luar sana yang tertimpa musibah dengan mudahnya mengeluh dan putus asa. Seharusnya kita tidak seperti itu. Kita harus belajar bahwa setiap hal yang kita lalui memiliki banyak pelajaran. Pastinya kita harus tetap bersyukur.



You Might Also Like

4 komentar

  1. Ga bs nahan air mata wawancara sama dia kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciee yang udah luan wawancara sama Yoga. Iya dek. Semangatnya itu lo kakak suka kali

      Hapus
  2. yoga buat kita kita yang dikasih Allah swt organ tubuh lengkap malu, jika nikmat Allah itu disia-siakan.. maka manfaatkanlah nikmat Allah itu untuk ketaatan...
    moga yoga selalu semangat.. makasih artikelnya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Eva sama-sama. Kita harus bisa bersyukur dikasih organ tubuh yang lengkap

      Hapus

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram