Ketahui! Ini Tips Mencari Kos-Kosan Murah dan Nyaman untuk Kos Newbie

Juli 04, 2019



Tinggal diluar kota asal atau merantau adalah salah satu fase yang dilewati sebagian orang saat ia mulai beranjak dewasa. Umumnya selepas SMA, sebagian besar dari mereka memutuskan untuk mengadu nasib ke kota orang, entah itu untuk kuliah atau bekerja. Berbicara soal merantau tentu terikat dengan masalah tempat tinggal atau kos-kosan, karena bagaimanapun juga sebagian besar kehidupan para perantau dihabiskan di lingkungan kos.

Begitu banyak hal yang bisa diulas dari kehidupan anak kos. Mulai dari bagaimana cara mereka bertahan hidup, berteman, dan lain sebagainya. Tapi kali ini aku akan bahas tips bagaimana memilih kos-kosan yang nggak sekedar murah tapi juga nyaman.

Nah, untuk kos newbie ini sangat penting lho. Sebab diawal kamu akan merasa kebingungan ketika harus memilih kos. Ya, memang sih memilih kos-kosan itu gampang-gampang susah. So, berikut ini adalah tips untuk memilih kos yang wajib kamu ketahui.

Budget dan Harga Kamar Kos

Budget ini yang akan menentukan tempat kostan seperti apa yang akan kamu huni lho. Karena kita tahu harga kamar kos sangat beragam, ada yang murah dan juga mahal banget. Biasanya, lokasi, ukuran, dan fasilitas kamar menjadi faktor penentu harga kamar. Makanya putuskan dulu budget kamu sebelum mencari kos. Dengan perkiraan budget, kamu juga bisa memperkecil pilihan kamar nantinya. Jadi nggak perlu repot-repot deh untuk mencari kos-kosan.

Cek Perabot dan Suasana Kamar Kos

Hampir semua kamar disediakan perabotan untuk penyewanya. Sebagai contoh kasur, meja, kursi dan lemari. Tetapi perabot yang disediakan bisa saja berukuran mini.  Yang tidak sesuai dengan ekspektasi kalian. Terkadang tidak semua perabot di atas disediakan. Ada yang menawarkan kasur dan lemari saja. Ada pula yang kasurnya saja. Makanya jangan lupa mengecek keadaaan perabot ketika mencari kos ya newbie.

Nah, selain itu kamu perlu cek juga kondisi dan suasana kamar kosmu. Pastikan kamar kamu mendapat pencahayaan atau ventilasi. Karena kalau tidak, kamu akan mendapati jamur plus bau lembap pada kamar. Ventilasi yang disediakan pun terdapat beberapa jenis. Satu dengan hexos yang sekarang banyak dipasang pada kamar. Dua dengan jendela. Tetapi banyak juga kamar yang tidak memiliki jendela. Jadi jangan kaget ketika kamu mendapati kamar seperti itu ya.

Cari Tahu Lokasi Kos Aman atau Tidak

Ini perlu untuk kamu para kos newbie, karena kalau kamu sampai salah-salah pilih kamu bisa pindah berkali-kali lho. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk mengambil kos-kosan tersebut sebagai tempat tinggal kamu selama di perantauan, pastikan lagi kondisi lingkungan sekitar aman atau tidak. Jangan sampai kamu ngekos tapi semua barang kamu berhilangan ya.

Kamar Mandi

Bagian ini nggak kalah pentingnya lho kos newbie saat memilih kamar kos-kosan. Biasanya kamar dengan kamar mandi dalam akan lebih mahal dari yang tidak. Enaknya, kamu memiliki kamar mandi sendiri. Namun tidak enaknya, kamu harus membersihkan kamar mandi itu sendiri. Tapi meski kamu memilih kamar mandi di luar kamar untuk meminimkan budget, pastikan kamar mandinya itu baik. Tidak seperti kamar mandi singgah ya. Oh ya, kalau kamar mandi di luar ini kamu harus siap-siap  mengantri untuk dapat masuk ke dalam kamar mandi.

Fasilitas Dapur
Tidak semua kosan menyediakan fasilitas ini. Tapi untuk kalian para newbie yang ingin menghemat pengeluaran makanan, fasilitas ini penting sih. Maka carilah yang menyediakan fasilitas ini ya. Kalau tidak, repot juga kalau harus membawa kompor portable dari rumah.

Aturan Kos

Setiap kost memiliki aturannya sendiri lho newbie. Baik itu dari tanggal bayar dan cara pembayaran kamar, jam malam untuk tamu, sampai pada aturan menginap. Banyak kos yang tidak memberikan teman kamu menginap di kamar kamu. Bisa juga adanya biaya untuk teman kamu yang menginap. Makanya jangan lupa menanyakan aturan kost ya!


Nah bagaimana? Sudah mulai terbayangkan bakal milih kos-kosan yang mau gimana untuk tempat tinggalmu dan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk tempat tinggal kamu. Semoga tips memilih kosan ini dapat membantu dan selamat mencari ya kos newbie!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Kalau abang pilih kost2an yg penting low budget, aman dan aturan yg gak mengikat. Hehehe

    BalasHapus
  2. Wah ini bisa jadi opsi buat teman-teman yg datang dari kampung nih

    BalasHapus

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram