Maba, Jangan Takut Berorganisasi

Agustus 28, 2018




Nggak terasa sebentar lagi mahasiswa baru (MABA) akan aktif masuk dan menjalani perkuliahan. Seperti ritual biasanya, setiap organisasi baik intra maupum ekstra kampus pasti membuka pendaftaran anggota baru. Hal yang membuat Maba penasaran dan bimbang berkempanjangan lantaran takut perkuliahannya terganggu. Apalagi, jika Maba tersebut adalah Maba yang dari luar daerah Universitasnya aluas anak kos-kosan, tentu ada banyak nasihat-nasihat dari orang tua yang dia terima. Ultimatum yang dia gunakan sebagai alasan tidak ikut organisasi. 

Barangkali benar kita sering kali mendengar ucapan "kuliah aja bagus-bagus, organisasi itu nggak usah pala diikuti. Nanti kuliahmu terganggu." Kata-kata ini jelas tidak seratus persen benar. Aku bilang begitu dengan berbagai alasan. Salah satu alasannya adalah karena aku anak organisasi dan aku menyelesaikan studiku tepat waktu. So, tidak ada alasan untuk Maba untuk takut ikut berorganisasi. Lagipula organisasi itu perlu. Kenapa? Yuk simak ulasannya:

1. Menambah Kawan
Jelas dengan berorganisasi kamu akan menambah kawan. Biasanya yang kawanmu hanya anak-anak sekelas atau sejurusan, nantinya temanmu tidak lagi hanya mereka. Karena di dalam organisasi kamu akan temukan banyak orang dari banyak jurusan dan fakultas. Serukan!

2. Menggali Skill dan Pengalaman
Perlu kamu tahu organisasi bukan ajang keren-kerenan. Bukan pulak ajang tempat biar kamu dikenal banyak orang. Tapi organisasi tempat kamu menggali skill dan pengalaman. Kamu bisa dapatkan banyak pelajaran dari dosen di dalam kelas, tapi kamu tidak akan mendapatkan kesempatan untuk menggali ilmu dan pengalaman di kelas. Misalnya aja nih, kamu yang sebelum-sebelumnya nggak pernah menghandle acara di organisasi kamu bisa mendapatkan pengalaman itu. Kan luar biasa pengelamannya. Kesemuan itu kamu dapatkan di organisasi. Asal kamu benar-benar berorganisasi. Bukan sekedar ikut-ikutan saja. 

3. Berkesempatan Jalan-jalan
Ini tentu menjadi hal yang tak boleh terlewat. Benar, baik organisasi intra atau ekstra pasti akan ada jalan-jalannya. Entah itu sekedar di dalam kota atau keluar kota. Entah untuk berlibur bersama atau sebagai delegasi acara. Tapi yang pasti ini ada. Aku merasakannya sendiri. Aku yang nggak pernah jalan-jalan dengan sepeda motor (orang sering menyebutnya touring) di organisasi kami selalu jalan-jalan dengan sepeda motor untuk liburan. Kan seru. Apalagi jika kamu mendaptkan kesempatan mengikuti acara di luar kota dan sama sekali tanpa biaya. Makin mantapkan. Aku juga pernah menikmati ini langsung. Menimba ilmu ke pulau sebrang sambil jalan-jalan tanpa biaya sendiri alias biaya dari kampus. 

4. Mundah Mendapat Kerja
Dulu semasa aku masih junior bahkan semasa aku pengurus aku selalu mendengar beberapa alumni mengatakan "Bagus-bagus di Dinamika (nama organisasi intra kampus yang aku geluti). Kakak kerja gini karena ilmu dan pengalaman yang banyak dari Dinamika." 

Awalnya sempat ada keraguan dalam batinku. Masa iya kakak itu bisa dapat kerja karena berorganisasi yang benar aja. Tapi sungguh, keraguan-keraguan itu hilang saat aku benar-benar merasakannya sendiri. Aku mendaptkan pengalaman kerja pertama karena kemampuan, ilmu, dan pengalaman yang kugali dan kudapat diorganisasi. Bahkan setelah keluar dari tempat kerja pertama pun aku masih bergelut di dunia yang tidak jauh dari banyaknya pengalaman dan ilmu yang kudapat dari organisasi. 

Jujur, belum pernah sekalipun aku menggunakan ijazah kuliahku yang kuselesaikan tepat waktu untuk mencari pekerjaan. Belum pernah aku bergelut di dunia kerja sesuai bidang yang aku tamatkan. Belum pernah. Inilah salah satu "the power of organization." 


So, buat kamu para Maba, jangan takut untuk ikut organisasi. Nikmati organisasimu. Cintai organisasimu. Gali potensimu di sana. Insya Allah kau akan tuai apa yang telah kau tanam bertahun-tahun hingga kuliahmu selesai. Organisasi tidak pernah menghambat kau lama menyelesaikan studi. Aku dan rang-orang disekitarku banyak yang berorganisasi dan kami menyelesaikan studi tepat waktu. Semua itu kuncinya di diri kamu sendiri.

Selamat menikmati dunia perkuliahan..
Selamat berorganisasi..
Semoga nanti kita bisa bejumpa dilain hari, tidak hanya lewat tulisan ini.. 


You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram