Terapkan 5 Hal Ini untuk Atasi Tidur Mangap

Agustus 02, 2021


Saat tidur, hal ini sering terjadi tanpa kita sadari


Memang saat tidur kita nggak sadar apa yang terjadi. Apalagi soal kita yang tidur dengan mulut terbuka, jarang sekali kita tahu kecuali ada ejekan dari teman-teman yang pernah melihat kita tidur. 

Sebenarnya, tidur dengan mulut terbuka juga menjadi penyebab sekaligus menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Salah satunya adalah erosi hingga pembusukan gigi lantaran kadar asam yang meningkat saat mulut menjadi kering. Lantas bagaimana cara mengatasiny? Nah, cara mengatasi tidur mangap bisa ditempuh dengan teknik-teknik berikut.

1. Cari tahu terlebih dulu apa penyebabnya

Pertama, kamu perlu tahu dulu apa sebab kamu tidur mangap. Karena amandel merupakan salah satu alasan yang menyebabkan tidur dengan mulut terbuka. Bisa juga karena struktur dalam mulut yang tidak sempurna. So, untuk mengatasinya, kamu perlu mengonsultasikannya dengan dokter agar penyebab mulut terbuka saat tidur terdeteksi dengan jelas.

2. Tinggikan kepala dengan bantal atau kasur

Cara yang bisa memgatasi mulut terbuka saat tidur salah satunya adalah tambahkan bantal di bawah kepala. Ini dapat kamu lakikan agar posisi atas badan jadi lebih tinggi. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi mampu mencegah hidung tersumbat dan membuat saluran udara di hidung terbuka. Dengan begitu, kamu nggak akan lagi tidur mangap dan jadi bahan bercandaan.

3. Tidur dengan posisi tengkurap atau miring ke samping

Tau nggak sih, tidur telentang bisa memperburuk pernapasan ketika tidur di malam hari lho. Posisi ini bisa menyebabkan asupan napas menjadi berat sehingga sulit melepas udara melalui hidung. Makanya, kamu disarankan untuk tidur tengkurap atau miring supaya nggak mangap saat tidur.

4. Latih pernapasan

Cara lainnya lagi, kamu bisa lakukan lewat latihan pernapasan. Jika sering latihan pola pernapasan, kamu akan terus ingat bahwa bernapas harus lewat hidung, bukan mulut.

Latihan pernapasan ini juga bisa kamu biasakan dengan cara menutup mulut lebih dulu dan ambil nafas lewat hidung. Setelah itu, buang nafas yang sudah kamu ambil juga lewat hidung, jangan dari mulut. Lakukan setiap hari agar kamu terbiasa, ya! Lambat laun kebiasan tidur dengan mulut terbuka akan menghilang nih.

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan salah satu kunci agar kebiasan tidur mangapmu perlahan hilang lho. Nah, olahraga kardio dan yoga merupakan aktivitas fisik yang mampu meningkatkan pernapasan, khususnya lewat hidung. Dengan begitu, kamu jadi terbiasa untuk nggak bernapas melalui mulut. Tapi, pastikan bahwa olahraga yang kamu lakukan nggak berlebihan, ya!

Sebenanrnya, kebiasaan tidur mangap yang bukan karena gangguan kesehatan serius bisa dikurangi dengan cara-cara di atas rutin kamu lakukan. Jadi, silahkan diterapkan biar kamu nggak diledekin teman kamu.

You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram