Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Juli 27, 2021



Sudah lebih dari 1 tahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Namun tetap saja penyebaran virus belum juga terkendali, bahkan situasi kian memburuk. Apalagi, saat ini PPKM darurat level 4 tengah diberlakukan pemerintah. Dampaknya pun semakin terasa terhadap perekonomian masyarakat. 

Nggak cuma itu, pandemi Covid-19 juga berpotensi mengganggu kesehatan mental lho. Gimana tidak, stres bisa terjadi karena khawatir terhadap kondisi kesehatan diri maupun keluarga. Atau, karena merindukan bersosialisasi dengan teman atau keluarga.

Lantas bagaimana seharusnya kita menjaga kesehatan mental dan mengatasi stres di masa pandemi ini? Nah, berikut cara yang bisa dicoba:

1. Puasa dari pemberitaan

Salah satunya yang sering membuat mental drop dan stres adalah seringnya kita menonton, membaca atau mendengar berita termasuk dari media sosial. Memang baik sih tahu segala hal yang berkaitan dengan pandemi, tetapi mendengar tentang pandemi terus menerus bisa membuat stres. So, mulai dari sekarang bisa puasa dari pemberitaan ya. 

2. Sugest diri dengan hal positif

Boleh was-was kok selama pandemi. Tapi jangan sampe berlebihan ya. Sugest diri dengan hal-hal positif ya biar rasa was-wasnya gak buat penyakit.  

3. Jaga kesehatan dan patuhi prokes

Nah, gimana pun kita tetap harus jaga kesehatan ya. Kamu bisa buat minuman jamu-jamuan untuk menjaga ketahanan tubuh. Gimana pun kesehatan adalah harta yang paling berharga. Selain itu, tetap dong kita juga harus patuhi protokol kesehatan alias prokes. 

4. Luangkan waktu untuk beraktivitas lain

Selama pandemi, kamu bisa lho luangkan banyak waktu untuk lakukan kegiatan atau aktivitas lain. Mulai dari yang kamu sika bahkan sampai yang belum pernah kamu lakukan. Jadi ini waktunya kamu banyak-banyak mengambil waktu metime-nya kamu.

You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram