Kamu Suka Ngopi? Hati-Hati, 5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Bisa Bikin Kamu Cepat Tua

November 20, 2021


Kamu pecinta kopi? Bagi pecinta kopi minum secangkir kopi panas pada pagi hari mungkin sudah menjadi ritual wajib. Begitu banyak penelitian telah menegaskan bahwa kebiasaan minum kopi bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari masalah jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker hati. Akan tetapi, tetap ada aturan mengenai cara mengonsumsi kopi. Sebab mengonsumsi kopi dengan cara yang tidak tepat dapat berdampak buruk bagi tubuh, khususnya dalam hal mempercepat penuaan.

Emang bisa? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut sejumlah kebiasaan minum kopi yang harus kamu hindari agar tidak membuat kita terlihat lebih cepat tua.

1. Mengganti sarapan dengan minum kopi

Kalau kamu sering hanya mengonsumsi kopi saja di waktu sarapan, mulai sekarang jangan dibiasakan lagi, karena tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Banyak yang mengatakan, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari.

Menurut ahli nutrisi, melewatkan sarapan bisa menyebabkan diet yang kurang bergizi, karena bertentangan dengan kebutuhan penuaan yang lebih sehat. Jadi kamu bisa menyantap makanan sehat untuk sarapan.

Misalnya, buah segar, biji-bijian, maupun kacang-kacangan, yang dikemas dengan serat dan antioksidan. Jangan menggantinya hanya dengan minum kopi.

2. Kopi yang terlalu manis

Semakin hari, semakin banyak kreasi kopi yang menambahkan banyak bahan pelengkap ke dalamnya. Bahkan kini juga banyak disajikan kopi 'lighty' atau kopi yang lebih ringan kadarnya dan ditambahkan lebih banyak pemanis hingga berbagai bahan lain ke dalam secangkir kopi tersebut.

Padahal itu kebiasaan yang nggak boleh dilakukan lho. Para ahli mengungkapkan kebiasaan untuk menambahkan krim, sirup atau bahkan pemanis yang beragam ke dalam kopi mengancam kesehatan tubuh di masa di depan. Gula dan pemanis serta beberapa bahan lain yang ditambahkan ke dalam secangkir kopi justru dapat menimbulkan peradangan tubuh, terlebih pada orang dewasa.

Jadi, mulai sekarang saat hendak minum kopi tambahkan gula sewajarnya.

3. Minum air putih

Minum air putih adalah kebiasaan yang sering dilupakan banyak orang, terutama setelah kita minum banyak kopi. Hal ini tentunya bisa menjadi penyebab dehidrasi dan bencana bagi kesehatan secara keseluruhan. Sebab berdampak negatif pada kulit, pencernaan, tingkat energi, penyerapan nutrisi, dan bahkan persendian.

4. Minum kopi sepanjang hari

Saat dihadapkan pada pilihan kapan waktu yang tepat minum kopi, pilihla pagi hari. Pagi hari menjadi waktu mengonsumsi kopi yang paling disarankan oleh ahli. Manfaat dari kafein yang dapat memicu lonjakan tenaga menjadikan secangkir kopi lebih sempurna jika dinikmati di pagi hari sebelum beraktivitas.

Meskipun kafein tidak membuat kita terjaga hingga larut malam, namun hal itu tidak berarti kita perlu minum secangkir kopi sebelum tidur.

Walaupun faktanya kopi yang diminum di malam hari tidak membuat kamu sulit tidur, tapi sangat tidak baik untuk mengonsumsi kopi saat malam hari sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh fungsi kafein sebagai stimulan yang justru dapat merusak kualitas tidur malam. Karena kualitas tidur yang buruk juga dinilai dapat mendatangkan malapetaka pada pemulihan, sistem kekebalan tubuh, suasana hati, energi, metabolisme, dan sebagainya.

5. Menambahkan pemanis buatan

Ini adalah masalah lain yang berhubungan dengan kebiasaan minum kopi. Menggunakan pemanis buatan sebenarnya bisa mendatangkan dampak serius pada kesehatan dalam jangka panjang.

Memang pemanis buatan memiliki kandungan kalori yang lebih rendah. Sehingga sering kali kita memilih untuk menambahkan pemanis buatan ke minuman, tidak terkecuali saat minum kopi. Padahal ini tidak baik lho. Karena inilah yang lantas dapat membahayakan kadar insulin, serta kesehatan usus yang memengaruhi semua jalur vital dalam tubuh.

Dengan demikian, pemanis buatan dapat membuat kita menginginkan lebih banyak makanan manis di dalam tubuh sepanjang hari.

You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram