Ketahui! 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gemuk Badan Tanpa Disadari Lho

Agustus 20, 2021

 

Tahukah kamu? Ada beberapa hal yang diam-diam menyebabkan badanmu makin melar tanpa kamu sadari. Padahal kamu merasa sudah melakukan yang terbaik agar berat badanmu nggak naik. 

Nah, biar kamu bisa lebih waspada, kamu perlu tahu bahwa hal-hal remeh ini ternyata turut menyumbang lemak dalam tubuh, sehingga menjadikanmu lebih gemuk. Yuk simak kebiasaannya!

1. Makan terlalu cepat

Siapa sangka ternyata makan terlalu cepat dapat berpengaruh untuk menggemukan badan. Sebab saat kita makan terlalu cepat, maka kamu akan cenderung memenuhi perut dengan makanan berlebih. So, mulai diatur deh cara makannya.

2. Melewatkan jam makan normal

Ini bagian dari kebiasaan yang sering dilakukan. Misalnya sarapan dirapel dengan makan siang sehingga jadwal makan menjadi kacau. Nah, ini bisa membuat berat badan naik.

Denis Bruner, seorang spesialis obesitas menyatakan bahwa melewatkan sarapan dapat memperlambat proses metabolisme tubuh, akibatnya tubuhmu akan cepat merasa lapar sehingga pada saat jam makan selanjutnya kamu bernafsu untuk makan lebih banyak dan lebih sering ngemil apa pun.

3. Pola tidur nggak teratur

Siapa bilang pola tidur nggak berpengaruh terhadap obesitas? Kamu yang tidur nggak teratur berisiko cepat gemuk lho. Sebab tidur yang sedikit dapat meningkatkan hormon penstimulasi nafsu makan. Itulah yang menyebabkan kamu akan terus merasa lapar dan memilih makanan yang manis-manis serta penuh kalori ketika terjaga.

Nah, cara cepat dan mudah untuk mempertahankan berat badan antara lain dengan melewatkan acara TV favoritmu di malam hari dan pergi tidur lebih cepat.

4. Kurang minum air putih

Nggak cuma kurang tidur lho, kurang minum air putih juga bikin kamu gagal diet. Alhasil, badan jadi melar. So, mulai sekarang jangan sampai kurang minum air putih ya. 

Minum air secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan membantu mengontrol porsi makan dan makan makanan yang mengandung banyak air (buah-buahan dan sayuran) akan membuat kenyang lebih cepat, sehingga makan pun jadi lebih sedikit.

5. Olahraga yang salah

Memang sih olahraga solusi mencegah obesitas. Tapi jika olahraga dilakukan dalam keadaan perut kosong, ini justru akan jadi masalah kegemukan. 

Nah, ada baiknya kamu makan dulu sebelum berolahraga. Makan sebelum berolahraga bukan hanya membantu tubuh menghindari kehilangan massa otot, tetapi juga memiliki banyak energi untuk berolahraga. Sehingga selepas berolahraga kamu nggak akan kalap atau mengonsumsi makanan lebih banyak daripada biasanya.

Gimana? Kebiasaan-kebiasaan yang membuat gemuk di atas sangat sepele, bukan? Tapi setelah tahu dampaknya, kamu nggak boleh lagi menyepelekannya ya. Segera hentikan dan ubah kebiasaan-kebiasaan sepele tersebut. Semoga usahamu untuk menurunkan berat badan lancar dan sukses, ya!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Bener tuh mbak. Olahraga yang salah, justru bisa berakibat fatal ya..

    BalasHapus
  2. sekarang sering begadang, secara ga sadar ini sudah agak gemuk, celana sudah pada mengetat, sudah suka begadang di tambah suka ngemil, duh ampun

    BalasHapus

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram