Laskar 20

Januari 17, 2014


Hari ini aku belajar banyak dari mereka. Belajar hal-hal yang tidak mungkin aku lakukan kini telah aku lakukan. Itu karena mereka. Belajar hal yang sulit untuk kulakukan karena terhalang genitas awal aku diciptakan, kini juga telah aku lakukan. Itu karena mereka. Belajar merubah sejarah pencitraan diri. Itu juga karena mereka. Proses ini sangat aku nikmati meskipun tiada yang tahu seberapa pasti aku menikmatinya. Peran itu telah kuambil dengan komitmen integritas, loyalitas, tanpa pamrih dan kredibilitas (agak-agak narsis). Itu menurutku. Satu masa bersama mereka cukup memberikan pelajaran hidup bagiku,mungkin tidak bagi mereka. Mereka adalah teman-temanku. Mereka adalah laskar21.
#Dia yang bingung - ronn
Pertama kali aku mendengar kabar yang tidak baik tentang dirinya,aku langsung underestimed terhadapnya. Perasaan itu coba aku hilangkan dengan adu argumen dengan dia-yang-lebih-bijak. Dan ternyata benar. Itu semua bisa terjadi. Sekarang dia adalah sosok penerus penting bagi teman-temannya. Dia adalah harapan pemimpin yang akan datang. selalu tampak gundah gulana, seolah-olah berpikir keras untuk mengubah dunia. Lambat laun aku mulai paham. Memang seperti itulah dia, caranya merespon dengan mimik wajah sangat berbeda. Terpancar wajah seorang yang selalu segan dan rendah hati kepada mereka yang lebih tua. Temannya juga bilang dia mudah terkena teori konspirasi dan bimbang berkepanjangan.tapi darinyalah  aku belajar untuk tidak memasang wajah gundah gulana.  

#lelucon konyol - yusha
Wajah yang berkarakter dan memiliki badan yang lebih unggul dibanding teman-temannya membuat dia semakin terlihat seperti satpam penjaga ATM sebuah bank.
Pribadinya yang beda . Tata bahasanya yang brutal. Semangatnya yang luar biasa. Itu semua kelebihannya .  Kalimat- kalimatnya yang unik dan terkadang mengganggu telinga ,sering sekali membuat teman-temannya terhibur dan tertawa bahagia.
Suatu waktu aku pernah bercerita tentang sosok ayah kepadanya. Dan bulir-bulir air mata itu jatuh perlahan menggambarkan hatinya yang merindukan sosok seorang ayah. Itu membuktikan kalau dia adalah seorang yang melankolis. Dia pasti menjadi sosok yang membanggakan buat adik-adiknya kelak.
# pelajarannya adalah meskipun wajah seperti babi hati bisa jadi seperti baby.

#si langsing yang anggun - eenal
Caranya menahan tawa membuat mimic mukanya kelihatan manis-buang-hajat. Itulah salahsatu bagian darinya yang kusuka. Perubahan dalam dirinya sangat aku rasakan sekarang. Posturnya. Pendapat-pendapatnya. Responnya. Sudah mengalami sedikit kemajuan. Teman-temannya pasti selalu mendoakan agar daging-daging mau berteman dengan tulang-tulang yang ada didalam tubuhnya. Menurutku dia punya kelebihan mengolah kosakata, mungkin mereka juga sependapat. Dia pribadi yang perhatian dan sangat peduli meski terkadang sungkan untuk menggungkapkannya. Dia pernah mengatakan padaku kalau dia sangat bangga dengan dirinya saat ini dan ingin sekali membanggakan kedua orangtuanya.
Kesimpulannya adalah Dia Kurus dan Dia Bangga .

# pangeran tidur I ehsan
Selalu mencari tempat untuk bersandar dan memanjakan matanya. Tidur disaat semua terbangun. Tidur disaat semua belajar. Tidur disaat semua bermain. Tidur disaat semua tidur. Tidur disaat semua senang ataupun susah. Tapi tidak pernah tidur disaat semuanya makan. Dia yang tidak pernah mau diatur teman sebayanya, selalu terlihat kehilangan ion-ion disaat momen-momen penting. Jauh berbeda ketika dia dihadapkan dengan sebauh bola. Semua tahu itu. Meskipun teman-temannya selalu bermasalah dengan egonya, tapi yang kutahu adalah jiwa bebasnya itu yang membuat dia seperti itu. Dan aku paham. Sebuah pelajaran untuk kita semua adalah tidur dan makan sama pentingnya. Makan boleh tiga kali sehari tapi kalau tidur jangan.

#pendengar yang baik – issra
Aku pernah berbincang hangat dengannya. Dia Selalu mendengarkan dengan seksama meski terkadang sambil melakukan kegiatan lain seperti sms-an dengan orang terdekatnya. Dia yang telihat pendiam ternyata banyak menyimpan kisah percintaan yang luar biasa. Mungkin dia saudara seperguruannya panglima tian peng ( cu pat kai ). Temannya bilang dia pribadi penyayang dan perhatian serta rajanya galau. Satu hal yang kutahu adalah dia adalah pendengar yang baik dibanding teman sejenisnya.
Ilmunya :   jadilah pendengar yang baik.

#gemuk dan senyum-  Dede
Relevansi senyum dan gemuk melebur dalam jiwanya (cem betol aja ah). Postur yang aduhai besar dan senyum yang menawan membuat dia selalu menjadi pelampiasan teman wanita seperjuangannya. Kata teman-temannya dia memiliki pribadi yang menyenangkan. Sikap yang tenang, pembawaan yang kalem alamak. Dan itulah dia. Dia berhasil memikat wanita sejenisnya. Padahalkan dia besar. ( hahaha..)
Intinya adalah senyumlah dimanapun kita berada. Di gunung, diatas pohon atau mungkin didalam sungai.

#hitam yang dingin - amree
Kulitnya yang putih memar (dibaca : Hitam) mengingatkanku pada suku aborigin dipedalaman Australia. Rambutnya yang ikal-mie-instan sedikit mirip pentolan laskar pelangi, Ikal.
Itulah temanku. Tanpa suara tanpa ekspresi. kadang Sikapnya sedikit cuek hororis. Setiap dia datang entah kenapa suasana selalu berupa mistis. Keheningan menjadi lagu utama kami. Kata temannya dia anak mumi pupi (dibaca : mami papi).
Dia pernah berkisah tentang keluarganya dan kesehariannya, dari situ dapat aku simpulkan kalau dia sangat sayang dengan keluarganya. Tapi aku tak tahu apa keluarganya juga sebaliknya. Hanya dia yang tahu.
Pelajaran : diam itu emas dan lebih baik diam daripada tidak datang sama sekali.

#ratu galau - aika
Dia adalah gadis penghubung 2 dunia. Perantara yang muda dengan yang tua. Posko pengaduan masalah. Dan kantor posnya kita semua. Setiap saat aku pasti berkata-kata dengan dia. Mendengarkan ke-galau-annya. Menyaksikan kebingungannya. Dan mencoba menikmati ketidaktahuannya.Dia adalah agen intelijen kami semua. Tanpanya mungkin kami kekurangan informasi penting. Teman-temannya mendeklarasikannya sebagai ratu galau of the year. Ketidaktahuannya sering membuat kegalauannya terus berkembang dan maju sangat pesat. Menurutku dia adalah salahsatu teman yang nyaman diajak berbagi,bercanda atau mungkin berkelahi.
Pelajarannya : jangan sampai kegalauan anda dinikmati sama orang lain. Dan belajarlah darinya jika ingin menjadi gadis galau.

#kecil yang ceriwis – haruni.
Gadis kecil ini adalah tempat penyimpanan harta gono gini kami. Bakat rentenirnya sangat mumpuni. Sifat Ceriwisnya juga sangat membantunya dalam menjalin hubungan bilateral antara investor dan pihak pengembang. Dia  Sangat childish dan juga gampang terharu. Aku sangat suka ketika dia masih punya gigi simpanan disetiap sudut bibir manisnya. Itu membuatnya terlihat jauh lebih manis. Ingin rasanya membelainya pakai Eiger. Tapi sekarang gigi itu telah hilang hanya karena obsesinya terhadap kawat berduri pembatas.
Dia adalah sosok penting bagi kami. Kami harus menghindari perselisihan sekecil apapun dengannya sebab itu bias mempengaruhi asupan gizi kami. Menjauhi ketidaksenangannya karena itu akan menghambat bantuan untuk kami semua. Melindunginya dari segala ancaman karena itu akan mengancam perekonomian kami juga. Dia bisa lebih kejam dari cicak hanya untuk mengumpulkan uang. Lebih galak daripada ulat bulu untuk mengejar pihak yang berutang. Dan bisa lebih sadis daripada nyamuk hanya untuk meminjamkan uang. Dia adalah bendahara kami.
Saran : sayangilah gigi anda sebelum gigi anda disayangi oleh orang lain dan jagalah baik-baik sumber keuangan anda.
  
#gadis music – el dina
Cintanya terhadap salah satu band terkenal di negeri ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Mungkin hanya dia diantara kami semua yang sehasrat itu terhadap music. Dia adalah pasangannya ratu galau. Kemana ada ratu galau pasti ada gadis music ( kayak hidung dengan upil … haha). Aku pernah duduk berdua dengannya. Bercerita tentang kesenangannya. Meski sedikit malu-malu dia berani beracerita banyak denganku. Kalau pada pemilihan ratu galau of the year si ratu galau tidak hadir, mungkin si gadis music bisa menjadi jawara. Dia sehebat ratu galau kalau urusan kegalauan.
Pelajaran : ada galau ada music.

#gadis ceroboh – nurmawaddah
Entah berapa banyak barang-barang pinjaman tetangga dihilangkannya. Entah berapa banyak pot-pot bunga dihancurkannya. dan entah berapa banyak air didalam botol yang ditumpahkannya.  Itulah sang gadis ceroboh. Temanku yang satu ini adalah gadis seribu alasan dan seribu kecerobohan.  Seringkali dia menjadi pusat pandangan mata karena kecerobohannya. Disamping itu semua dia adalah teman yang penuh perhatian dan berhasrat tinggi untuk mendapatkan sesuatu meski terkadang suka patah asa ditengah jalan. She is it.
saran : cari perhatian pake cara ceroboh perlu dilakukan sekali-sekali. TERBUKTI I!!!

#putih dan keras –marti
Tidak sekeras batu, tapi tidak juga selembut sutera. Seperti itulah aku mengenalnya.
…….
Temanku yang satu ini bisa dikategorikan manusia mini,sesuai dengan aslinya martini (marti-mini). Tingginya tidak bisa dibanggakan. Seperti hairuni dan nissa temanku.  Tapi entah kenapa aku suka melihatnya. Mungkin Lebih tepatnya karena aku suka dengan yang mini-mini.
Kulitnya seputih susu yoghurt. Tidak terlalu manis. Tidak terlalu asam. Dan ber-fermentasi. Wataknya sangat keras. Tapi berhati lembut. Waktu itu Aku pernah mengamatinya bergaul dan berdebat ringan dengan teman-temannya. Jelas terlihat gambaran wataknya.
Dia pernah menangis karena ulahku. Karena ketajaman lidahku. Itu membuatnya mengeluarkan airmata. Terisak-isak. Tapi itu dulu. Waktu aku belum mengenalnya.
Dia juga rajin. Rajin disuruh-suruh. Terlihat jelas bakatnya yakni budak.Tidak. Bukan. Itu karena dia memang gadis rajin.
 Dia juga perhatian dan juga lucu. Walaupun lebih lucu aku. Yaahhh… begitulah dia. Marti-mini.
Pelajaran : sekeras apapun suatu benda. Kalau PAS kena sumbunya pasti akan berkurang kerasnya.
   
#kembar – umm dan ull
Mereka serupa tapi tak sama. Mereka Sama tapi berbeda. Mereka adalah umm dan ull.
Seumur hidup, baru kali ini aku punya teman kembar.
Waktu SMP dulu sih juga pernah. Berarti mereka teman kembarku yang kedua.
Waktu SD sih juga pernah. Berarti mereka yang ketiga.
Tidak masalah yang keberapa yang penting aku selalu tertarik dengan mereka yang kembar. Menurutku kembar ini lucu. Bayangkan aja kalau lagi gak ada cermin dirumah. Kan tinggal liat muka kembaran aja. Trus kalau mau liat ekspresi wajah ketika tidur. Kan bisa liat kembaran . kalo orang biasa pasti tidak bisa seperti itu. Trus juga kalau mau nampar pipi sendiri, kan tinggal nampar kembaran aja. Pokoknya banyak keuntungan yang didapat kalau jadi kembar. Itu makanya aku tertarik dengan yang kembar-kembar.
Umm itu kakak. Ull itu adik. Jadi umm dan ull adalah kakak adik ( seperti belajar membaca aja ).
Umm punya sifat yang sedikit dominan dibanding ull. Mungkin karena umm adalah kakak. Seperti biasanya. Kakak-an pasti mau terlihat lebih dibanding adiknya. Karena kakak-an akan dicontoh adiknya kelak. Sementara ull sosoknya lebih mengarah ke gadis pendiam tuntutan (dibaca : penurut karena terpaksa. ). Terlihat rajin. Biasalah. Derita adik-an. Umm lebih sensitif dari ull. Mungkin waktu dalam kandungan, pembagian saraf mereka kurang terbagi dengan adil. Makanya saraf sensitif umm lebih unggul dari ull. Ull mudah tersenyum dan tertawa meskipun itu tidak terlalu lucu. Sedangkan Umm lebih banyak memendam sesuatu sehingga senyumnya tidak sebanyak ull. Namun senyum umm lebih manis dari ull.  Tapi mereka berdua tetap terl;ihat lucu. Dan selalu terlihat akur (dirumah entah la …)
Kesimpulan :  cintailah sodara-sodaramu seolah-olah mereka itu adalah kembaranmu.

#si pemburu mimpi – Ti es
Proporsional ( aku kali .. ) Kira-kira seperti itulah dia. Wajah menawan (aku juga .. ) Tinggi lumayan ( jelas seperti aku .. ). Kecerdasan juga tidak diragukan ( aku gak ya ?? )
. Dia teman wanitaku yang paling pintar dalam hal pelajaran. Setiap ada ulangan pasti dia selalu menjadi tempat persinggahan kami. Sebelum kami menyerahkan tugas kepada sang Guru. Tekadnya untuk berprestasi dan membuat bangga ibunya sangatlah kuat. Meski tidak sekuat hatinya dalam mengatasi masalah dirinya. Wataknya juga keras. “Keras” yang beda dengan temanku marti. Berperasa lembut. Dia juga pandai berargumen. Dia selalu terlihat mengantuk. Dia selalu ingin menjadi terdepan. Namun sikapnya itu sering sekali membuat dia bersenggolan pikiran dengan teman-temannya. Terkadang  membuat cuaca hati temannya menjadi berawan. Terkadang juga membuat hati temannya sedingin gurun . Aku menjulukinya Yamaha woman .(Yamaha woman . selalu didepan).
Tapi dari situlah aku belajar. Belajar untuk menjadi yang terbaik pada masanya.

#lucu dan tertutup – nissa
Namanya khoirunnisa. Panggilannya nissa. Tapi yang aku dengar orang memanggilnya icha. ( gak nyambung kali kan ). Biarlah yang penting dia senang.
Nissa adalah komunitas orang-orang mini abad ini. Seperti temannya marti dan hairuni. Seperti yang kalian tahu. Aku adalah penggemar yang mini-mini. Tapi bukan berarti aku “penggemar”.
Nissa adalah gadis yang lucu kalau lagi tersenyum. Juga terlihat lucu ketika tertawa. Tapi terkadang tertawanya membuat seisi gudang menjadi berantakan. Lebih mirip bel sekolah daripada suara tertawa.
Aku pernah berceria dan bersukacita dengannya. Dia anak yang baik dan sedikit tertutup. Tertutup untuk hal-hal yang dia inginkan tertutup.
Dia juga anak yang berprestasi. Bakatnya berekspresi lewat bahasa sangat patut diperhitungkan. Aku juga suka melihatnya ketika melakukan bakatnya itu. Seperti orator demo kenaikan BBM.
Dia sering mengeluarkan kata-kata yang aneh dan menggelikan. Tapi tidak sebrutal yusha. Celotehnya yang childish atau bisa dibilang mengarah ke manja-manja gadis kecil itu, terkadang menggetarkan jiwa, membangunkan sanubari serta meremajakan kulit. Itulah dia. Gadis mini yang lucu.
Pelajaran : Tertutup atau terbuka itu adalah pilihan . Jadi, urus saja urusanmu dan aku urus urusanku.

#big girl – derlin
Kaki besar. Tangan besar. Kepala besar. Badan apalagi. ( orang apa genderuwo ya.. ).
Seperti itulah temanku yang berukuran ajib ini. Dia itu lebih berat dari temannya. tapi lebih ringan dari bus sekolah. Jika suatu saat ada yang mengganggu kami semua. Aku akan meletakkannya digerbang depan barisan. Biar musuh tidak berani. Semoga saja dia adalah gadis yang berjiwa besar.
Akan tetapi, mempunyai Badan yang lebih dari temannya tidak membuatnya menjadi handal disegala bidang. Dia sering terlihat takut, gugup dan malu permanen.  Sehingga bakat mengolah objek nyata dan fantasi kedalam kertas putih. Dan memadukan warna-warni dunia-nya itu tidak diketahui oleh semua temannya.   
Pelajarannya : jangan lihat suatu benda dari bentuk dan ukurannya saja. Tapi dibalik itu semua pasti ada yang jauh lebih besar.


#siputih yang gugup – annisa
Temanku yang berikutnya namanya annisa. Putihnya tidak seperti aku. Sedangkan gugupnya jauh dari sifatku. Penakut community.
 Kalau disekolah, dia sering sekali menjadi olok-olokan warga kelas. Karena terkadang dia lupa meletakkan benda-yang-paling-berharga (dibaca: otak ). Dia juga sering kehilangan jalur pengetahuan. Sehingga setiap pesan yang sampaikan akan singgah keberbagai tempat dikepalanya sebelum sampai diinti kepalanya. Sungguh malangnya temanku ini.
Tapi menurutku dia seperti itu lebih karena dia sangat gugup dan pemalu. Sikap gugup dan pemalunya itulah yang membuat responnya terkadang jauh dari kata cepat.
Sikapnya itu terkadang membuat aku tertawa. Entah kenapa kejadian yang dialaminya itu menjadi lucu bagiku.  
Aku yakin, Suatu saat pasti dia berhasil mengatasi kegugupannya. Mengontrol ke-malu-annya. Dan mengurangi ketakutannya. Serta membuat jalur yang lebih cepat dan tersusun dengan rapi dikepalanya. Sehingga dia akan menjadi gadis yang hebat.
Ilmu : jangan biarkan salah satu sifat kita yang dominan menghambat kita untuk maju.  

# gadis sakit – mai
Temanku yang satu ini seperti amoy. Saking putihnya. Wajahnya terkadang menjadi merah. Seperti telapak tangan bayi.
Seringkali dia seperti gadis pesakitan. Yang berhari-hari dirawat inap karena penyakit anemia. Mendapat asupan gizi yang tidak teratur. Suhu badan yang tidak stabil.  Dan menunggu panggilan. Shodaqallahul ‘adzhim.  
Dia juga temanku yang lucu seperti kebanyakan. Walaupun kelucuannya sering kurang memenuhi kriteria lucu.
Aku pernah sekali melihatnya tertawa-jual-aroma (dibaca :ngakak). Bola matanya hilang seperti ditelan alis-alisnya yang tebal. Gawat, sempat terlintas dalam benakku.
Begitulah gambaran mai. Tidak banyak yang aku ketahui. Karena dia adalah teman baruku.  

#tembem – sarra
Temanku yang terakhir ini biasa dipanggil bulat. Atau sarra bulat. Dia rekannya derlin dalam urusan kebesaran.. Mata sedikit mirip korea girl . Pipi bak PAO. Hidung se-ipil. Dan giginya dikekang.  Wajahnya mirip tokoh kartun Winny The Pooh.
Dia adalah manjanisme. Itu karena dia sering bermanja-manja dengan siapa saja yang dianggapnya sesuai untuk menjadi tempat bermanja-manjanya,mungkin.
Derlin, annisa dan sibulat tembem ini adalah sahabat. Mungkin karena mereka sama-sama memiliki sifat gugup dan malu yang melebihi kadar kegugupan dan kemaluan.
Makanya mereka menjadi sahabat kental. Mereka seperti segitiga bermuda.
Sarra sering juga berceloteh. Tapi Caranya berceloteh selalu membuat aku tertawa. Tanpa alasan yang jelas. Tanpa paksaan. Lucu.  Dialah sarra. Sibulat manja.
Pelajaran : manja itu hal yang biasa. Dan menyenangkan.


Itulah ke-20 temanku. Mereka akan selalu menjadi bagian dari perjalanan hidupku.
Semoga aku dan mereka menjadi seperti apa yang kami inginkan dan selalu mendapat ridho Allah SWT. Aamiin Ya Rabb.

You Might Also Like

0 komentar

Ads Here

Sidebar Ads

Like us on Facebook

Follow Instagram